Jumat, 08 Mei 2009

Keajaiban Masjid di Situ Gintung

Keajaiban Masjid di Situ Gintung

Kamis, 2 Apr '09 10:50

Masjid Situ Gintung

Berita tentang sebuah Masjid (atau Mushola?) yang masih berdiri tegak pasca jebolnya tanggul Situ Gintung menjadi topik yang tak kalah menarik selain cerita duka para korban.

Memang fakta ini amat menarik dan lagi jadi berita hot. Namun saya ingin memberikan perpektif yang agak berbeda disini. Kebetulan satu hari setelah kejadian saya datang ke lokasi bersama perwakilan komite sekolah anak saya untuk menyalurkan bantuan.

Dari lokasi kejadian, saya perhatikan posisi Mesjid memang tidak berada pada alur utama air yang menerjang. Jadi daya rusak air bah tidak sedahsyat jika berada tepat di tengah alur air.

Tragedi Situ Gintung

Lokasi terparah di sekitar Mesjid adalah rumah 2x yang berada di seberang Mesjid. Karena alur air dari tanggul yang jebol memang tepat dan langsung mengarah ke sana.

Selain itu alur airnya juga "Letter L" dengan Mesjid berada pada sudut dalam (lihat gambar di atas). Jadi cukup logis jika sudut luar menerima terjangan air bah yang maha dahsyat dengan daya rusak maksimal. Sedangkan sudut dalam mengalami hal sebaliknya.

Demikian perspektif lain dalam melihat fenomena Mesjid yang masih tegak berdiri itu. Semoga bisa melengkapi pemahaman kita semua atas "kejaiban" ini.

1 komentar:

  1. Baru menemukan artikel saya ini di sini. Sayang tidak mencantumkan link sumbernya dengan jelas, yaaa...?

    BalasHapus