Jumat, 08 Mei 2009

Penyelamatan Satwa dalam Tragedi Situ Gintung

Penyelamatan Satwa dalam Tragedi Situ Gintung

April 3, 2009 by: Administrator

Source : IndoFamilyPets.com
Jumat, 3/4/2009 — Peristiwa jebolnya tanggul Situ Gintung, tak cuma merenggut ratusan nyawa manusia. Beberapa ekor hewan peliharaan di sana turut jadi korban. Jakarta Animal Aid Network (JAAN), lakukan penyelamatan satwa di Situ Gintung. Tragedi Situ Gintung yang terjadi di wilayah perbatasan Jakarta Selatan dan Tanggerang Banten itu telah merenggut nyawa ratusan orang. Kondisi yang menyedihkan ini kadang melupakan beberapa hal lainnya. Termasuk penyelamatan hewan peliharaan yang juga jadi korban tragedi ini.
two
Untuk pertamakalinya di Indonesia, sebuah tindakan penyelamatan terhadap hewan dilakukan di lokasi kejadian bencana. Tim dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) turun ke lokasi tragedi Situ Gintung pada Jumat sore (27 Maret 2009) lalu.

“Tim kami yang turun ke lapangan ada sekitar 6 orang, dibantu dengan beberapa orang sukarelawan lain,” ungkap Pram, volunteer JAAN yang juga turut andil dalam kegiatan penyelamatan ini.

Menurutnya, mereka juga mendapat banyak laporan dari para anggota TIM SAR Gabungan di sana, bahwa ada banyak hewan peliharaan yang perlu diselamatkan. Selanjutnya, Tim dari JAAN bergabung dengan dua kelompok besar tim penyelamatan di Situ Gintung, yakni penyelamatan lewat jalur sungai dan jalur darat.

Dua posko JAAN di Situ Gintung pun bergabung dengan posko organisasi pecinta alam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif HIdayatullah (red—Pelita Bencana), dan posko STAVIA (tim pecinta alam Universitas Muhamadyah Jakarta).

“Kami juga melengkapi upaya penyelamatan ini dengan perlengkapan standar. Karena hewan-hewan ini biasanya stress dan lebih galak karena kondisi alam. Kami bawa perlengkapan bius hewan, P3K untuk satwa, 12 buah kennel, dan makanan basah. Untuk mobilisasi, ada 2 mobil yang kami bawa,” papar Pram.

Diketahui dari penuturan Pram, dari 15 ekor anjing yang ditemukan di lokasi jalur sungai di sana, hanya ada 8 ekor yang akhirnya selamat dan kini dirawat di JAAN Animal Shelter.

anjing yang berhasil diselamatkan JAAN–by JAANSementara itu, ada 14 ekor anjing lainnya yang juga selamat dan kini masih dirawat seadanya oleh pemiliknya (yang juga jadi korban selamat dari tragedi Situ Gintung).

“Dari 8 ekor di animal shelter kami, sudah ada 2 ekor yang diadposi. Untuk yang 14 ekor di Situ Gintung, Jumat sore ini sudah ada 5 ekor anjing yang diadopsi. Mereka banyak berharap agar anjing-anjing korban ini bisa diadopsi supaya hidupnya bisa lebih baik,” demikian pungkas Pram. IndofamilyNetPets. (ayu andini)
situ-gintung-jaan-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar